Breaking News
Loading...
Selasa, 08 Oktober 2013

Pratikum PHP 5

08.55


     Membuat Tampilan Web dengan Teknik Modularisasi 

      Hay gan, Kali ini di Prtikum PHP yang ke-5, saya akan membuat Tampilan Web Sederhana Dengan Teknik Modularisasi yang sudah diberikan pada Modul, dengan sedikit Improvisasi, gak banyak omong , Langsung Saja

    1.       Jalankan Dreamweaver cs6 nya

    2.  Oke langkah selanjutnya adalah , membuat file PHP dengan nama (HeaderPHP5.php) seperti yang tertera pada gambar dibawah ini, dan klik dua kali untuk menuliskan script


     3.  Dan ketikan script dibawah ini pada file HeaderPHP5.php

Untuk Headernya , saya menggunakan gambar yang sudah saya siapkan sebelumnya sintaksnya berada pada kotak Merah pada gambar diatas, Dan script PHP yang berada pada kotak Hijau pada gambar diatas untuk isi pada KONTENT web yang akan dibuat.

    4.    Dan Langkah sama seperti diatas, membuat file PHP dengan nama (FooterPHP5.php) seperti yang tertera pada gambar dibawah ini, dan klik dua kali untuk menuliskan script 

      5.  Dan ketikan script dibawah ini pada file FooterPHP5.php

Sama halnya dengan Header , saya juga menggunakan gambar yang sudah saya siapkan sebelumnya.

     6. Dan Langkah selanjutnya , Kita akan membuat File lagi, File ini yang akan digunakan untuk tampilan utama web sederhana saya, dengan nama file (WebPHP5.php) seperti pada gambar dibawah ini, Dan KLIK 2 kali untuk membuka file dan ketikkan scriptnya







      7. Setelah itu ketikkan script dibawah ini pada file WebPHP5.php



Script diatas, digunakan untuk tampilan utama web sederhana saya, Kali ini saya menggunakan table untuk mengatur tata letak web nya



     8. Pada langka selanjutnya adlah , kita akan memanggil file-file yang telah kita buat antara lain (HeaderPHP5.php , FooterPHP5php).
     9. Dan dibawah ini adlah script untuk memanggil file (HeaderPHP5.php) yang digunakan sebagai header pada web saya, deangan menggunakan  statement Require pada sintaks PHP. Statement Require digunakan untuk membaca nilai variable dan fungsi-fungsi dari file lain. Cara penulisan statement Require adalah: require(namafile); . Penulisan script (<?php require("HeaderPHP5.php") ?>) terletak pada baris ke12 atau pada kolom table pertama

Ini adalah gambar yang sudah saya siapkan yang digunakan sebagai header

     10.   Selanjutnya adalah pemanggilan file FooterPHP5.php dan berikut scriptnya

Sama seperti pemanggilan file Header, fungsinya sama,

     11.   Dibawah ini adalah gambar yang menjelaskan tentang, fungsi dari variable $kalimat yang terdapat pada file HeaderPHP5.php , yang dipanggil dan diiletakkan pada kolom yang digunakan sebagai isi content. Hasilnya seperti pada gambar

  12. Selanjutnya saya memberikan sedikit improvisasi Dengan Memberikan waktu dan tanggal, dengan fungsi date,
       berikut scriptnya dan hasilnya setelah di Live , Lihat Pada gambar
13. Selain dengan Pemberian tanggal. Saya Juga memberikan Conditional Form Untuk men-Subcribe web sederhana saya,

Gambar kanan adalah file conditional_form  pada gambar yang kiri
- Dan dibawah ini adalah adlah script conditional untuk menyatakan pria/wanita,


     Dan file conditional_form tadi dipanggil pada file WebPHP5 dan diletakkan pada salah satu kolom seperti gambar yang suadah terterah, berikut script pemangillan.

      14. Setelah semua selesai, dan benar . Langsung Dilive atau bisa dijalankan pada browser dan akan keluar tampilan seperti ini,
    Oke Selesai, Tampilan web bisa Diatur atau didesain sendiri sesuai kemauan anda
     Terima Kasih. stay tune

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer